Jumat, 23 Oktober 2015

WARGA GELAR TRADISI KIRAB SESAJI HASIL BUMI

Warga Mengkirab Sesaji Gunungan Hasil Bumi
Kediri - Masyarakat Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri Menggelar Tradisi Kirab Sesaji Gunungan Hasil Bumi Dari Rumah Sesepuh Desa Ke Makam Prabu Anom Yang Merupakan Pepunden Desa, Uniknya Dalam Kirab Tersebut Terdapat  Sesaji Berupa Badek Atau Sari Tape Dan Minuman, Yang Kemudian Sesaji  Tersebut Di Taruh Di Depan Pusara Makam Prabu Anom (23/10/15).
Menurut Mulyadi Wigyo Salah Satu Panitia Mengatakan  / Sesaji Sari Tape Dan Minuman Tersebut Merupakan Salah Satu  Syarat Yang Harus Ada Dalam Ritual, Pasalnya Menurut Cerita Dari Nenek Moyang Mereka, Minuman Tersebut Merupakan Minuman Yang Sangat Disuakai Oleh Sang Prabu, Sehingga Masyarakat Terus Melestrikan Budaya Tersebut.
 
" Menurut Cerita Dari Nenek moyang, Minuman Tersebut Merupakan Minuman Kelangenan Atau Kesukaan Prabu Anom Saat Masih Sugeng (Sehat)  Dulu , Sehingga Sampai Saat Ini Masyarakat Desa Terus Melesarikan" Jelas Mulyadi Saat ditemui Awak Media Di Sekitar Lokasi Makam.
Peserta Kirab Membawa Sesaji Sari Tape Dan Minuman
Usai Ritual Di Pusara Makam Sang Prabu, Selanjutnya Tumpeng Buah-
Buahan Dan Hasil Bumi Kemudian Diperebutkan Oleh Warga, Mereka Percaya 
Jika Mendapatkan Sebagian Isi Dari Tumpeng Tersebut, Bisa 
Mendatangkan Berkah Tersendiri, Dan Senantiasa Diberi Kesehatan Oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

" Ikut Rebutan Mas, Biar Dapat Berkah dan Diberi Kelancaran Rizki" Tutur Sundari Salah Satu Warga Yang Ikut Berebut Sesaji.
 
Dalam Rangakaian Ritual Yang Dilaksanakan Setiap Tahun 
Tersebut, Selain Melakukan Kirab Sesaji Warga Juga Mengelar 
Tradisi Kesenian Tari Tayub. (Hab)
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com