Minggu, 31 Januari 2016

INDUSTRI SEPATU KULIT KESULITAN BAHAN BAKU DAN TENAGA KERJA

Sejumlah Sepatu Hasil Buatan Nurdin


Kediri- Inilah Industri Pembuatan Sepatu Kulit Rumahan Milik Nurdin Yang Ada Di Desa Dayu , Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri. Semua Proses Produksi Sepatu Mulai Dari Memotong Bahan, Menjahit,  Menempel Hingga Ngesul Dikerjakan Secara Manual. Sementara Para  Pekerja Pembuatan Sepatu Ini Adalah Masyarakat Sekitar Dan Umumnya Para Ibu Rumah Tangga.


Nurdin, Selaku Pemilik Usaha Mengaku, Pasar Sepatu Kulit Dalam Negeri Kian Bergeliat  Ditandai Dengan Meningkatnya Permintaan Sepatu Dari Berbagai Daerah.  Bahkan Kini Ia Telah Menembus Pasar Di Luar Pulau Jawa, Tetapi Banyak Permintaan Yang Terpaksa Dipending Karena Ketersediaan Bahan Baku Yang Minim Serta Kekurangan Tenaga Kerja.

Bahan Baku Karet Didatangkan Langsung Dari Mojokerto, Karena Di Daerah Lain Tidak Ada. Sementara Tenaga Kerja Yang Idealnya 20 Orang Kini Baru Tersedia 10 Orang Saja, Nurdin Mengaku Tidak Dapat Menambah Jumlah Tenaga Kerja Baru Dengan Cepat , Karena Harus Melalui Proses Pelatihan Panjang.

Hal Yang Bisa Dilakukan Oleh Nurdin Selama Ini Adalah Mempertahankan Mutu,  Serta Berinovasi. Tetapi Itupun Menurut Prediksinya, Akan Sulit Bertahan Pada Saat Memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Mendatang, Karena Laju Barang Impor Ke Dalam Negeri Sangat Deras . Oleh Sebab Itu, Ia Berharap Peran Serta Pemerintah Dalam Memberikan Dukungan Peralatan Modern.

“ Kita Disini Hanya Mengutamakan Mutunya, Kemungkinan Akan Sulit Bertahan Jika Masuk Mea Nanti, Karena Banyak Barang Dari Luar Negeri Yang Bebas Dipasrka Diindonesia” Ujar Nurdin Saat Ditemui Tempat Produksi Sepatunya.

‎Dalam Satu Bulan Industri Pembuatan Sepatu Rumahan Milik Nurdin Mampu Menghasilkan 20 Hingga 50 Kodi, Atau Sekitar 1.000 Pasangan Sepatu Jenis Perempuan.‎ Harga Sepatu Dibandrol Sekitar 40 Ribu Rupiah Satu Pasangnya, Sementara Daerah Pemasaran Sekitar Kediri Hingga Ke Kota Surabaya, Dan Beberapa Daerah Di Luar Pulau Jawa Seperti Kalimantan,  Dan Sumatera.
(Hab)
luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com